Pages

Tuesday, April 28, 2015

Problema Kendaraan Jakarta


   Jakarta itu ibu kota yang sibuk. Siang-siang banyak orang, malem-malem jalanan biasa sepi. Setelah gue belajar PLKJ di sekolah (Sukurin tuh yang kur13 gabisa ngerasain pelajaran termudah sepanjang SMP/SMA) dan tau kalo kebanyakan penduduk di Jakarta banyaknya tinggal diluar Jakarta (BoDeTaBek), akhirnya gue tau salah satu masalah terbesar Jakarta adalah sempitnya ruang dan banyaknya penduduk.


   Bicara soal ruangan yang sempit, gue sering becandaan sambil dempet-dempetin temen ke tembok sambil teriak 'Jakarta sempit, Bos!' dan kuping gue merasakan alunan melodi nan indah yang dinamakan 'Teriakan kesakitan'.

   Jalanan penuh sama kendaraan bermotor. Macet dimana-mana. Apa-apa bisa telat kalo tinggal di Jakarta. Jam 6.00 jalanan sepi, seketika jam 6.01 jalanan penuh sama mobil. Mobil, motor, bus, metromini, angkot, bajaj, semuanya berkumpul di jalanan. Kalo orang Brazil dateng ke Jakarta, mungkin mereka pikir ini arak-arakan kayak di Rio De Janeiro. Gue namakan ini Kompetisi massal, dimana warga Jakarta dipacu bangun sepertiga malam tapi bukan buat Tahajjud, tapi buat berangkat ke kantor.

   Pemerintah menyediakan Busway atau Transjakarta buat bikin perjalanan kita gampang. Dan ga lama lagi MRT selesai dibikin. Tapi mau faslitasnya kayak apapun, kalo masyarakatnya ga mau kerjasama ya kita bisa apa. Mau Busway dituker sama bus dari Jerman pun kalo masyarakat ga mau ngerawat ya bisa apa. Nah dari sana gue pengen bikin postingan bagaimana menjalani hidup di kendaraan umum. Berikut ulasannya :

        Bajaj
   Kita mulai dari kendaraan terhebat multitalenta milik Jakarta, Bajaj. Kendaraan beroda tiga ini ga cuma berisik dan asapnya bau, tapi ini bagus buat kalian yang bertujuan menurunkan berat badan. Bagus buat kalian yang lagi diet tapi males olahraga. Naik bajaj keliling Jakarta bisa bikin lo kurus, makanya jarang ada supir bajaj yang gembrot. Kalo emang ada, ah, paling dia pemula. Baru jadi supir bajaj. Tungguin aja beberapa bulan juga ntar dia kurus.

   Keuntungan lainnya dari bajaj adalah, lo bisa nyanyi tanpa perlu diganggu orang lain, karena suara lo bakalan bersaing sama suara knalpot bajaj. Si abang-abang juga ga bakalan denger gini. Gue pernah buru-buru ke sekolah naik bajaj, gue afalin karya tulis gue di bajaj, dan si Supir ga ada rasa terganggu atau annoyed gitu sama gue. Sekalipun gue ekspresif sambil angkat-angkat tangan, dia ga terganggu sama sekali. Entah knalpotnya yang gede banget, suara gue yang kekecilan atau emang dia gabisa ngerasain apa yang gue rasa. Dasar cowok ga peka.

   Hal yang bisa lo lakuin kalo kepengen naik bajaj adalah, lo bisa belajar menjadi pedagang atau businessman yang handal. Karena lo harus menggunakan akal sehat lo buat bisa nego dengan harga yang murah. Nego itu ga gampang kalo supirnya tambengan. Tapi kalo dia basicnya baik, pasti gampang. Berikut adalah contoh nawar bajaj yang baik dan benar :

   'Bang, ke depan sepuluh, ya?'
   'Yah, Dek, jangan dong. Lima belas, deh.'
   'Yaah..', Dan disaat inilah lo pasang puppy eye, mata seperti anak yang tak berdosa. Anggeplah lo anak yang baik hati dan tidak sombong. Buat diri lo seakan-akan gapernah bikin kesalahan di muka bumi.
   'Okedeh sepuluh'

   Dan inilah cara nego yang salah:

   'Bang, ke depan sepuluh, ya?'
   'Yah, Dek, jangan dong. Lima belas, deh'
   'Yah, ayodong! Deket gitu!'
   'Sekarang kesana jauh, Dek'
   'Jaraknya masih sama, Bang!'
   'Ah, ayodong lima belas serius'
   'Ah, ga ga ga! Sepuluh aja!'
   'Yaudah gausah naik!'
   'Yaudah gausah maksa!'
   'Yaudah jalan kaki aja sono!'
   'Yaudah lo juga ngapain jadi supir bajaj!?'
   'Kok kamu gitu sekarang?'
   'A-Aku minta maaf, Bang'
   'Teganya dirimu' *nangis dibawah pohon beringin*
   *Turun hujan*
   *nyanyi* 'Yang~ Hujan~ Turun lagii~'

        Angkot
   Aaah... Kendaraan hasil modifikasi lelaki-lelaki tangguh nan mempesona, berwarna biru telor asin kau datang menghampiriku dan mengantarku pulang. Kendaraan khasn Indonesia yang satu ini adalah inovasi paling kece setelah bemo. Hal yang paling gue senengin dari naik angkot adalah, bisa pergi kesana kesini cuma bayar Rp2.500,- kalo pake seragam dan Rp3.000,- kalo ga pake seragam. Anehnya gue ga kena harga Rp4.000,- entah kenapa. Tapi gue seneng itu.

   Waktu gue pertama kali pindah ke apartemen, gue inisiatif ga mau naik mobil ke sekolah, gue mau naik angkot aja. Beberapa kali gue naik, dan gue nyesel. Ternyata jarak yang kalo gue tempuh jalan kaki cuma setengah jam, kalo naik angkot bisa satu jam. Bukan karena macet, tapi karena nge-temnya itu yang lama. Belom lagi lo harus duduk di posisi yang sama, hadap-hadapan sama stranger. Dan jangan lupa dangdut koplo yang dipasang sama supirnya dengan suara yang keras. Gue belom pernah nemu angkot yang lagunya religi, semuanya lagu dangdut atau ga band metal yang gagal jadi alias band timah.

   Beberapa kali gue nemu supir angkot kece. Gue sebut dia kece lewat lagu yang dia pasang. Dia pasang Sandstorm -Darude, Animals -Marting Garrix, lagu-lagunya Black Eyed Peas, Pitbull, sampe Uptown funk pun dia pasang. Keren nih supir. Dan pandangan gue soal si supir berubah ketika temennya naik ke angkot. Entah dari kapan temennya nunggu di pinggir jalan, intinya dia naik begitu aja. Selepas ngobrol panjang lebar dengan temennya, si supir lepas flashdisk dan digantinya sama flashdisk punya si temen, lagunya dangdut koplo semua. Kalo bisa gue bawa Inul kesitu. Gue sawer Inul sekalian buat hiburan si abang supir.

   Ketika di angkot dan lo ngerasa awkward diliatin orang, lakuin hal pribadi yang belom tentu orang lain mau perhatiin. Contoh : Main HP atau baca buku. Tadi siang gue pulang naik angkot. Kebetulan gue hari ini bawa buku, jadi gue baca aja sekalian jalan. Pas gue naik, ternyata gue satu-satunya penumpang. Yaudah gue duduk depan pintu masuk aja, jadi pas turunnya enak. Gue ambil buku milik bang Radith yang lo udah pasti tau isinya absurd semua dan gue ketawa-ketawa sendiri di angkot. Gue ketawa, baca lagi, ketawa lagi, baca lagi. Sampe akhirnya ada ibu-ibu nepuk pundak gue dan bilang 'Dek....' dan saat itu gue sadar, kalo sekarang di angkot udah penuh sama orang. Malu abis. Tengsin. Gue butuh Crunch segera karena gue sedang tengsin. Gue buka tas dan masukin buku ke dalem tas. Aslinya gue mau bilang kalo itu bukan gue, itu diri gue dari alam lain, tapi kondisi ga memungkinkan.

        Busway
   Pertama kali gue naik busway itu pas pulang dari jalan-jalan bareng sama mantan dan sodara gue. Gue pulang berdua naik busway karena gue dan sodara gue gaada duit dan supir ga jemput. Yaudah kita naik busway, lah. Semenjak hari itu gue jadi semangat pulang ke rumah naik busway karena emang ada halte yang letaknya ga jauh dari rumah gue.

   Beberapa tips buat kalian ketika naik busway adalah :

-Duduklah di tempat yang semestinya
   Ini penting, karena kalo kalian duduk di tempat cewek (buat yang cowok), ntar kalian digorok massa karena diduga ingin melakukan pelecehan seksual. Muka lo aja udah mesum, gimana ga dcurigain? Dan buat yang cewek, jangan duduk di tempat yang banyak cowoknya, bahaya.

-Pastikan posisi bagian bawah di tempat yang benar
   Naik busway itu ada yang duduk ada juga yang gelantungan kayak monyet. Buat kalian yang berdiri dan didepan kalian ada yang duduk, pastiin posisi selangkangan dan pantat menghadap arah yang benar. Pastikan si duduk melihat pinggul sampai paha, bukannya selangkangan atau pantat kalian. Apalagi kalo jalanannya bolong, kalo lo menghadapkan selangkangan lo ke orang yang lagi duduk, kesannya ambigu karena pinggul lo goyang-goyang.

-Jangan lupa tempat lo bakalan turun
   Aksi nekat gatau tempat buat turun pernah dialamin sama salah satu anggota Teranggana, namanya Zahra A.K.A Tante. Dia nyasar mau ke arah Cempaka Mas, eh malah ke arah Matraman. Dia lupa transit. Untungnya dia bisa turun di Pramuka-LIA karena apartemen gue ga jauh dari sana. Akhirnya gue ke halte itu dan nemenin tante-tante berwujud anak SMP baru mens tersebut. Setelah dijelasin sama petugas yang lagi jaga disitu, tante Zahra pun akhirnya bisa pulang dengan tenang.

   Oke! Jadi kayaknya itu aja yang bisa gue share soal kendaraan umum di Jakarta. Hope you'll like it! Kalo emang ada yang mau kasih saran atau apa bisa contact gue lewat Line, Ask.Fm, E-mail, atau comment below. Sekali lagi thanks yap!

1 comment: